Home Politik Dominion memberi sinyal bahwa mereka dapat menuntut host Fox News setelah meminta ganti rugi $ 1,6 miliar

Dominion memberi sinyal bahwa mereka dapat menuntut host Fox News setelah meminta ganti rugi $ 1,6 miliar

by Admin


Pengacara untuk Sistem Voting Dominion, setelah mengumumkan gugatan terhadap Fox News karena diduga menyebarkan kebohongan yang mencemarkan nama baik tentang perusahaan, memberi isyarat pada hari Jumat bahwa mereka mungkin mengajukan gugatan tambahan terhadap kepribadian Fox tertentu.

“Kami belum mengesampingkan pihak mana pun, termasuk agen individu Fox News yang kami rujuk dalam gugatan tersebut,” kata Stephen Shackelford, pengacara untuk kasus Dominion terhadap Fox dan partner di firma persidangan Susman Godfrey, dalam panggilan konferensi dengan wartawan.

Dia memberikan jawaban serupa ketika ditanya secara khusus tentang Lou Dobbs dan Maria Bartiromo, keduanya menonjol dalam gugatan Dominion melawan Fox.

“Kami tidak mengesampingkan untuk menggugat agen-agen individu itu,” kata Shackelford, tetapi “pada akhirnya, tanggung jawab berhenti pada Fox.”

Dia kemudian menambahkan: “Saya tidak berpikir ini akan menjadi gugatan terakhir yang diajukan. Yang bisa kami katakan saat ini adalah, kami sedang melakukan uji tuntas dan melihat buktinya.”

Gugatan tersebut, di Pengadilan Tinggi Delaware, meminta ganti rugi lebih dari $ 1,6 miliar.

Dominion telah mengajukan tuntutan hukum federal yang terpisah terhadap mantan pengacara Presiden Donald Trump Rudy Giuliani, pengacara Sidney Powell dan CEO MyPillow yang pro-Trump, Mike Lindell.

Dominion, yang mesinnya disertifikasi di 28 negara bagian, berpendapat bahwa masing-masing terdakwa mencemarkan nama baik perusahaan dan sangat merusak reputasinya dengan secara tidak benar mengklaim mencurangi pemilihan presiden 2020 melawan Trump.

Trump kalah dari Presiden Joe Biden tetapi tidak pernah secara resmi kebobolan. Dia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk memperkuat serangkaian teori konspirasi tak berdasar tentang penipuan pemilu dan menekan politisi untuk mengambil langkah yang dapat menggulingkan kemenangan Biden.

Pada 6 Januari, dia mengadakan rapat umum di luar Gedung Putih dan meminta Wakil Presiden Mike Pence dan anggota Partai Republik lainnya untuk tidak menyatakan kemenangan Biden’s Electoral College. Massa pendukung Trump kemudian menyerbu Capitol AS, memaksa sesi gabungan Kongres bersembunyi. Invasi tersebut mengakibatkan lima kematian, termasuk seorang perwira Polisi Capitol AS.

Baca Juga:  House to voting untuk menjatuhkan Marjorie Taylor Greene dari komite

Gugatan pencemaran nama baik terbaru dari Dominion mengklaim bahwa “sebagai hasil dari kampanye pencemaran nama baik yang diatur oleh Fox,” karyawan di semua tingkat perusahaan “telah berulang kali dilecehkan. Beberapa bahkan telah menerima ancaman pembunuhan. Dan tentu saja, bisnis Dominion telah menderita kerugian ekonomi yang sangat besar dan tidak dapat diperbaiki . “

Gugatan itu menuduh Fox “menyiarkan kebohongan dari sumber yang tidak dapat dipercaya – yang dipeluk oleh kepribadian siaran Fox sendiri – karena kebohongan itu baik untuk bisnis Fox.”

Sumber yang diduga tidak dapat diandalkan itu termasuk Powell, yang pengacaranya minggu ini meminta hakim untuk menolak kasus pencemaran nama baik Dominion senilai $ 1,3 miliar terhadapnya.

Pengacara Powell dalam mosi untuk membubarkan mengklaim bahwa “tidak ada orang yang masuk akal” akan percaya bahwa klaim palsu dan teori konspirasi tentang pemilu 2020 adalah “pernyataan fakta yang sebenarnya.”

Fox News Media dalam sebuah pernyataan pada hari Jumat mengatakan “bangga” dengan liputannya tentang pemilu 2020, “yang berdiri dalam tradisi tertinggi jurnalisme Amerika.” Perusahaan itu mengatakan “akan dengan gigih mempertahankan gugatan tak berdasar ini di pengadilan.”

Keluhan hukum di Delaware berulang kali merujuk pada pembawa acara Fox saat ini dan sebelumnya serta tokoh-tokoh siaran, termasuk Bartiromo, Dobbs, Tucker Carlson, Sean Hannity, dan Jeanine Pirro.

Nama belakang Dobbs, misalnya, muncul hampir 300 kali dalam berbagai bentuk dalam pengajuan pengadilan 139 halaman. Pada awal Februari, Fox membatalkan acara Dobbs “Lou Dobbs Tonight”, yang ditayangkan di Fox Business.

Baik Fox News Network, LLC, dan Dominion Voting Systems, Inc., berbasis di Delaware, meskipun kedua perusahaan tersebut berkantor pusat di tempat lain.

Baca Juga:  Sekilas tentang Jawa Barat dan Sumatera Utara - The Diplomat

“Kampanye disinformasi yang dilakukan terhadap perusahaan kami telah menyebabkan kerusakan parah dan merusak kepercayaan pada lembaga-lembaga demokrasi Amerika,” kata CEO Dominion John Poulos dalam sebuah pernyataan Jumat pagi.

“Kebohongan ini juga mengancam keselamatan pribadi karyawan dan pelanggan kami. Tidak ada uang sebanyak apa pun yang akan memperbaiki kerusakan yang terjadi,” kata Poulos.

Penasihat hukum Dominion, Tom Clare, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Fox “mendukung, mengulangi, dan menyiarkan serangkaian kebohongan yang terbukti salah, namun menghancurkan, tentang Dominion. Kampanye disinformasi viral Fox menjangkau lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia dan menyebabkan kerugian besar bagi Dominion.”

You may also like

Leave a Comment